Minggu, 13 Februari 2011

Hasil Diskusi Kelompok Mengenai Penggunaan BLOG dan E-MAIL dalam Psikologi Pendidikan

Bagaimana pandangan dan penilaian kelompok sehubungan dengan kewajiban setiap mahasiswa yang mengikuti mata kuliah psikologi pendidikan 3 sks harus memiliki e-mail dan blog di tinjau dari uraian psikologi pendidikan dan fenomena pendidikan di Indonesia, medan khususnya ?


Kelompok 13 : 



Di zaman informasi dan teknologi yang semakin canggih ini, blog dan email tentunya sudah sangat familier sekali di lingkungan hidup kita. Mengenai apa itu blog , dan apa itu email mungkin  kebanyakan orang sudah mengetahuinya. Tetapi faktanya tidak banyak orang mempunyai rasa keingintahuan lebih untuk menggunakan jasa blog dan email dalam keseharian mereka. Apa yang menyebabkan begitu pentingnya penggunaan blog dan email , khususnya dalam dunia pendidikan ?

Saat ini , dunia pendidikan sedang marak menerapkan penggunaan teknologi untuk membantu proses kegiatan belajar mengajar. Di pulau Sumatera Utara sendiri, khususnya Medan, para pendidik dan pengajar mulai sering memasukkan unsur-uncur ‘canggih’ dalam media pembelajaran siswa-siswi mereka di kelas. Meskipun tidak banyak sekolah dan perguruan tinggi yang melibatkan e-learning sebagai media pembelajaran di kelas, tetapi mayoritas pelajar di Medan sudah mengenal dunia blog dan email itu sendiri melalui lingkungan luar. Hanya saja mereka belum sepenuhnya mengerti bahwa ada peranan lain dibalik kecanggihan teknologi blog dan email yang akan menjembatani mereka dengan jendela dunia, terlebih dalam wawasan dunia pendidikan yang luas. Sehingga mereka belum menerapkan penggunaan blog dan email  dalam proses belajar mereka. 

Mahasiswa sudah seharusnya memiliki e-mail dan blog agar memudahkan mereka untuk berkomunikasi dengan dosen maupun mahasiswa lain di seluruh dunia. Didalam blog kita bisa memasukkan berbagai artikel apapun yang bisa berguna, tidak hanya untuk kita tapi juga untuk orang lain . Orang lain dapat memperoleh ilmu yang dibutuhkannya dari blog kita hanya dengan membuka link blog milik kita . Penggunaan blog dan email tidak hanya terbatas untuk daerah kita saja tapi juga dapat berhubungan antar benua . Jadi cakupan yang dimilikinya sangat luas .
Selain itu , media blog dan email sangat penting agar proses belajar tersebut dapat divariasikan, tidak hanya berjalan secara monoton. Pelajar ataupun mahasiswa tentu memiliki titik jenuh yang berbeda-beda terhadap cara mengajar seorang guru ataupun dosen yang konvensional. Untuk itu , dengan hadirnya e-mail dan blog, cara pembelajaran non konvesional dapat diterapkan. Dan dengan adanya e-mail dan blog, teknologi dapat menjalankan fungsinya dalam membantu kelangsungan proses mengajar mahasiswa. Kita memang tidak bisa selalu mengejar perkembangan teknologi, oleh karena itu minimal setidaknya kita  menggunakan fasilitas yang sudah diberikan di lingkungan belajar kita  Seperti halnya memanfaatkan Wi-Fi di kampus untuk kepentingan kuliah.

Menurut kelompok kami, mata kuliah Psikologi Pendidikan sudah memberikan solusi terbaik dari permasalahan  proses pembelajaran yang kerap melanda dunia pendidikan, seperti halnya mengatasi kejenuhan mahasiswa atas metode belajar yang kurang efektif diterapkan. Dengan kreatifitas yang cerdas, seorang dosen pengampu bisa saja mengubah mood belajar peserta didiknya menjadi lebih bersemangat  dalam  melakukan kegiatan pembelajaran di kelas maupun online. Melalui media blog dan e-mail, tentu sangat diharapkan berlakunya sistem Take and give yang baik oleh dosen dan mahasiswa sendiri. Dosen berhak membebani mahasiswanya dengan tugas-tugas yang sesuai materi, dan mahasiswa juga berhak mendapatkan reward yaitu dengan nilai yang memang pantas didapatkan sesuai dengan tugas yang dikerjakan dengan baik dan diposting secara disiplin. Blog maupun email akan memfasilitasi kegiatan tersebut sekaligus menjadi jembatan antara dosen dan mahasiswa dalam sistem pembelajaran yang efektif , efisien, dan praktis. Selain itu, penggunaan blog dan email akan mengurangi kebiasaan membuang-buang kertas yang akan meningkatkan pemanasan global (global warming).
Seperti tulisan yang tertera di atas, fenomena pendidikan di Indonesia, dan Medan khususnya, masih belum memanfaatkan teknologi sepenuhnya. Apa yang menyebabkan hal ini? Salah satunya adalah karena pemerintah kita belum menjadikan teknologi sebagai prioritas dalam bidang pendidikan. Padahal, dalam bidang pendidikan, Indonesia masih tertinggal dengan negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Australia. Jika sudah seperti ini,  bagaimana bisa Indonesia diakui oleh dunia internasional? Sedangkan teknologi akan tetap berkembang dengan cepat. Jadi akan sangat lebih baik jika pemerintah dapat menjadikan teknologi sebagai salah satu prioritas di bidang pendidikan.


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar