Senin, 16 Desember 2013

Proses Saat Mengambil dan Menjalani Kelas Psikologi Belajar Ditinjau dari Pendekatan Teori Metakognisi


Secara umum, metakognisi dapat dikatakan sebagai berpikir tentang pemikiran. Beberapa perspektif menekankan pengetahuan individual tentang kognisi dan penggunaan strategi. Sedangkan yang lain menekankan pada pengetahuan maupun pengaturan kognisi (Gredler 2011, h. 275; Brown, 1987; Son&Schwartz, 2003). Komponen utama dari metakognisi adalah :
a.       Pengetahuan dan kesadaran tentang pemikiran diri sendiri
b.      Pengetahuan tentang kapan dan di mana mestinya menggunakan strategi yang diperoleh
            
Pengetahuan tentang pemikiran seseorang mencakup informasi tentang kapasitas dan keterbatasan dirinya sendiri dan kesadaran akan kesulitan selama belajar sehingga dapat dilakukan perbaikan (Gredler, 2011, h. 275). Di samping itu, periset kognisi membedakan antara strategi metakognisi dengan keterampilan kognitif. Periset juga telah mengusulkan model metakognisi yang berbeda untuk tugas yang berbeda pula. Terdapat sebuah model aktivasi metakognitif dalam belajar yang erat kaitannya dengan proses yang saya lalui pada saat mengambil atau menjalani kelas Psikologi Belajar. Model aktivasi ini terdiri dari empat tahap (Gredler, 2011, h. 276-277), yaitu :
1. Pendefinisian tugas
Ketika saya sudah memantapkan pilihan saya untuk mengambil mata kuliah Psikologi Belajar dan juga mendapatkan gambaran bagaimana sistem yang akan saya hadapi di kelas ini berdasarkan penjelasan-penjelasan dari teman yang sebelumnya pernah mengambil kelas ini, maka mulailah saya mendefinisikan tugas apa saja yang akan saya hadapi. Saya mulai memikirkan tugas-tugas apa saja dan seperti apa tugas yang akan saya dapatkan di kelas nantinya. Kemudian juga saya akan mulai memikirkan apakah saya mampu menyelesaikan tugas-tugas tersebut ditengah banyaknya tugas-tugas lain yang menjadi tanggung jawab saya, mengingat pastilah deadline dan sebagainya itu pasti ada.

2. Penentuan tujuan dan pelaksanaan
Setelah saya mendefinisikan satu persatu tugas yang akan saya lakukan di kelas ini, mulailah saya menentukan tujuan dan bagaimana sistem pelaksanaan tugas-tugas tersebut. Misalnya untuk tugas posting di blog setiap minggunya. Maka saya membuat perencanaan bahwa akan membuat posting tersebut setiap hari minggu karena hari tersebut adalah hari libur, kemudian saya akan langsung mem-posting di blog saya. Jadi saya tidak akan terdesak oleh deadline. Atau pelaksanaan kuliah online, maka untuk menghindari ketidakstabilan jaringan, maka saya akan mengusahakan untuk melaksanakan kuliah online di rumah karena kebetulan ada speedy sehingga lebih terjamin kestabilan jaringannya.

3. Melakukan taktik dan strategi studi
Seiring berjalannya perkuliahan, ternyata pelaksanaan yang saya gunakan tersebut tidaklah bisa terlaksana sesuai dengan rencana awal. Karena banyaknya tugas dan ada beberapa urusan yang mendadak terkadang membuat saya tidak bisa menyelesaikan posting di hari minggu. Alternatif lainnya yang saya gunakan pada akhirnya saya membuat tugas tersebut di hari Senin malam, sehingga meskipun waktunya diundur, namun tetap tidak melebihi batas deadline yang ditentukan. Jadi, pada tahapan ini apabila ada beberapa perencanaan awal yang sudah disusun ternyata tidak dapat terlaksana dengan baik, maka terjadilah penyesuaian dengan keadaan yang ada sehingga tidak terjadi pengabaian terhadap tugas tersebut. Tugas dapat terselesaikan dan tepat waktu.

4. Mengadaptasi studi
Karena seringnya terjadi penyesuaian menyelesaikan tugas postingan, maka pada akhirnya saya mulai terbiasa melaksanakan tugas tersebut di hari Senin malam meskipun nyatanya pada hari Minggu saya tidak dalam keadaan yang sibuk. Hal ini terjadi karena saya sudah mampu beradaptasi dengan situasi penyesuaian tersebut. Jadi saya akan memilih untuk membuat tugas di hari Senin malam jika memang hari tersebut tidak ada tugas lain yang saya kerjakan. Karena saya berpikir tidak ada bedanya hari Minggu maupun Senin asalkan tugas tersebut dapat terselesaikan tepat waktu.

Referensi :
Gtedler, Margaret.E., 2011., Learning and instruction, teori dan aplikasi. Jakarta: Kencana




Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar