Rabu, 25 Juni 2014

Testimoni Mengenai Mata Kuliah Pedagogi



Bagi saya –yang pada dasarnya kurang menyukai anak-anak– terdapat sesuatu yang menarik dari mata kuliah ini. Di sini saya mendapat cukup banyak pengetahuan mengenai bagaimana cara mendidik anak, metode seperti apa yang cocok bagi mereka, dan sebagainya. Dengan mengikuti kelas Pedagogi, saya lebih mengetahui hal-hal yang boleh dan tidak boleh kita lakukan ketika mengajarkan anak-anak. Karena mengajarkan anak-anak dan orang dewasa tidaklah sama. Jika ditanya lebih mudah yang mana, menurut saya, mengajarkan orang dewasa jauh lebih mudah, dengan anak-anak, kita dituntut untuk lebih peka terhadap respon yang mereka berikan. Kita harus jauh lebih bersabar juga dengan tingkah polah anak yang kadang sulit diatur -_-

Sistem yang digunakan di kelas ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kelas-kelas lainnya dimana Bu Dina menjadi dosen pengampu. Kita dituntut lebih melek teknologi –tentu saja– karena banyak tugas yang menggunakan media blog (seperti tugas ini salah satunya), e-mail (saat UTS dan UAS), dan juga facebook yang sejak awal perkuliahan telah dibuatkan sebuah grup khusus dimana peserta kelas mata kuliah Pedagogi dan Ibu Dina menjadi anggota grup tersebut. Informasi-informasi mengenai perkuliahan dan segala hal yang berkaitan dengan mata kuliah ini di-share melalui grup. Tentunya bermanfaat untuk memperoleh informasi apapun tentang kelas Pedagogi.

Mengenai tugas, menurut saya tidak terlalu memberatkan mahasiswa. Posting di blog, mengirimkan tugas melalui e-mail, ujian secara online, itu menyenangkan menurut saya pribadi :D Kita dituntut untuk lebih familiar dengan sarana yang ada, tidak hanya terpaku dengan interaksi yang terjadi saat tatap muka di dalam kelas saja. Dan dari beberapa tugas yang ada, menurut saya dua tugaslah yang paling banyak menguras tenaga dan air mata selama perkuliahan ini -­­_- Tugas kelompok yaitu melakukan proses pembelajaran dengan anak-anak menggunakan pendekatan Pedagogi dan juga tugas mewawancarai pengajar yang erat hubungannya dengan ilmu Pedagogi. Walaupun cukup banyak menyita tenaga dan air mata, pada akhirnya saya menyadari bahwa dengan adanya dua tugas ini, saya menjadi lebih mudah memahami konsep pedagogi. Sesuai dengan pepatah yang mengatakan bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Saya yakin, meskipun kelas ini memiliki cukup banyak dinamika, tetapi pasti aka nada hal positif yang bisa kita dapatkan dari hal apapun yang telah kita lalui.

Dan terakhir, saya sangat sangat sangat senang dengan nilai yang saya dapatkan untuk UAS. InsyaAllah hasil yang keluar nantinya di portal bisa sesuai dengan ekspektasi saya disaat saya memutuskan mengambil mata kuliah ini ketika masa KRS-an dulu. HAHAHA. AMIN ~


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar