Rabu, 25 Juni 2014

Testimoni Presentasi Kelompok Mengenai Laporan Proses Pembelajaran



Hari Senin tanggal 9 Juni 2014, kelompok saya yaitu kelompok 8 mendapat giliran untuk maju pertama kali menjadi presenter yang memaparkan hasil laporan proses pembelajaran bersama anak-anak dengan menggunakan pendekatan pedagogi beberapa bulan yang lalu. Kegiatan ini merupakan tugas kelompok yang ada di mata kuliah Pedagogi yang kami lakukan sebelum UTS kemarin. Namun, presentasi untuk pemaparan laporannya baru terlaksana setelah UTS sesuai dengan kontrak kuliah yang sudah diberikan di awal semester ini.

Secara keseluruhan, penampilan kelompok kami menurut saya tidak terlalu menarik. Cukup lancar memang, tapi saya merasa saat itu kelompok masih belum mampu membuat atensi kelas menuju ke arah kami untuk mendengarkan pemaparan yang kami berikan mengenai tugas yang telah kami lakukan. Bisa saja banyak faktor yang mempengaruhinya. Mungkin karena presenter yang kurang bisa membuat performa yang menarik, atau juga karena suasana kelas yang masih pagi, kebetulan mata kuliah Pedagogi mendapat jadwal jam 8 pagi di hari Senin.

Sistem yang digunakan dalam pemberian feedback bagi presenter cukup berbeda dari biasanya. Kelas diberikan kesempatan secara langsung maupun via jejaring sosial facebook untuk memberikan feedback. Menurut saya hal ini merupakan suasana baru yang cukup menarik. Jadi kita tidak hanya terfokus pada kesempatan tatap muka saja, melalui teknologi yang sudah semakin canggih, dosen pengampu memberikan kesempatan bagi kelas untuk bereksplorasi di facebook.

Sayangnya, kesempatan di sesi tanya jawab yang diberikan oleh presenter tidak mendapat respon yang baik. Semua hanya diam tidak ada yang berinisiatif untuk mengutarakan pendapat, kritik, saran, atau pertanyaan. Namun di facebook, dosen pengampu dan beberapa teman memberikan feedback untuk kami. Feedback-feedback yang kami dapatkan di facebook menjadi evaluasi bagi kami atas performa maupun hasil laporan yang kami kerjakan. Dan meskipun nilai performa kelompok yang kami dapatkan tidak terlalu tinggi, tidak membuat kami patah semangat ataupun merasa tidak adil. Justru hal ini membuat kami harusnya lebih semangat untuk bisa melakukan presentasi yang lebih baik lagi di kesempatan mendatang.


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Poskan Komentar