Senin, 28 Oktober 2013

UTS telah tiba !!!

Yeay !!! Ujian Tengah Semester telah menyapa. Hahaha -_- Tidak terasa memang, ternyata sudah setengah semester saya melewati hari-hari ~ Dan sekarang tibalah saatnya UTS untuk menguji pengetahuan saya akan mata kuliah yang saya ambil di semester ini. Termasuk juga mata kuliah yang menurut saya cukup unik. Kenapa unik ?? Jelas karena metode perkuliahan ini yang tidak biasa. Salah satu buktinya ya blog ini. Dan saya senang ~~~~ *yeyeyelalalala* #4L4yModeOn-SKIP-

Alhamdulillah akhirnya ketiga soal UTS sudah saya lewati. Pada dasarnya metode UTS kali ini benar-benar sangat menarik dan membuat saya lebih bersemangat dalam mengerjakan setiap soal yang pengampu berikan. Metode seperti apa ?? Yang jelas metode ujian seperti ini sangat jarang digunakan sehingga memberikan penyegaran tersendiri buat saya. Metodenya full online, maksudnya adalah sistem yang digunakan full menggunakan sarana elektronik. Tepatnya media yang kita kenal dengan email. Jadi, pengampu akan mengirimkan tiga buah soal secara berkala dan interaksi yang dilakukan menggunakan media tersebut. Seru kan ?? Yaiyalah -_______________-

Meskipun saya akui bahwa saya menjawab setiap pertanyaan dengan tempo yang tidak cepat, namun semaksimal mungkin saya berusaha menjawab setiap pertanyaan tersebut dengan sebaik-baiknya. Dan kalau ditelaah kembali, sebenarnya hal ini erat kaitannya dengan salah satu teori mengenai motivasi akademik yaitu komponen nilai tugas dalam model ekspektasi nilai. Terdapat empat komponen yang pada dasarnya memotivasi saya dalam melakukan tugas ini dengan maksimal, yaitu :
1.       Nilai pencapaian, tentunya saya ingin memperoleh nilai yang maksimal pada UTS kali ini dengan semaksimal mungkin untuk menunjang nilai akhir saya pada mata kuliah ini. Dengan mendapatkan nilai yang maksimal, maka harapan saya untuk mendapatkan nilai akhir di mata kuliah Psikologi Belajar akan semakin mudah saya peroleh.
2.       Nilai instrinsik, secara pribadi saya sangat menyukai metode yang digunakan. Sehingga membuat saya semakin bersemangat untuk menjalankan ujian dengan metode yang bisa dianggap tidak biasa ini.
3.      Nilai kemanfaatan, pastilah dengan saya mengerjakan setiap jawaban dengan sebaik mungkin maka nilai saya akan memuaskan dan bermanfaat untuk akhir dari perkuliahan yaitu nilai akhir pada mata kuliah ini.
4.      Dan dari segi biaya, memang harus saya akui bahwa saya tidak dapat cukup maksimal untuk menjawab setiap soal dalam tempo secepat-cepatnya. Disamping karena saya membutuhkan waktu untuk memikirkan jawaban terbaik yang bisa saya berikan, juga dikarenakan adanya beberapa kegiatan lain yang harus saya lakukan sehingga membuat tugas ini pada akhirnya terkirim tidak cepat. 

Selain itu, teori Skinner menurut saya juga dapat secara jelas memaparkan bagaimana proses UTS ini berlangsung. Pemberian reward berupa feedback dan pujian dari pengampu (seperti bagus, cukup baik, dsb) membuat saya semakin terpacu untuk memberikan jawaban selanjutnya dengan lebih baik lagi. Sebaliknya, reinforcement negatif yang diberikan kepada saya apabila tidak sigap dalam memberikan jawaban atau lebih menggunakan 'the power of kepepet' merupakan satu cara yang cukup ampuh untuk membuat saya tidak melakukan hal ini lagi. Karena dengan diingatkan tentang hal tersebut, saya jadi semakin sadar bahwa hal tersebut tidak baik.

Namun secara keseluruhan, saya sangat senang dengan metode seperti ini dan memberikan sensasi dan suasana tersendiri akan ujian tengah semester. UTS yang biasanya disambut dengan rasa deg-degan dan ketakutan yang luar biasa, namun dengan metode seperti ini memberikan saya sedikit ketenangan meskipun tetap harus fokus dan serius. Terima kasih saya yang sebesar-besarnya kepada pengampu mata kuliah ini yaitu Ibu Filia Dina Anggaraeni, M.Pd atas segala feedback dan reinforcement yang Ibu berikan. Karena semuanya menjadi bahan pembelajaran kepada saya untuk menjadi lebih baik lagi.

Dan pada akhirnya segala usaha saya kali ini berbuah manis. Jujur saya sangat kaget ketika saya melihat rekap nilai yang dipaparkan oleh pengampu. Antara percaya dan tidak, nilainya bahkan melampaui ekspektasi awal saya. Alhasil, UTS ini memberikan banyak energi positif yang membuat saya semakin bersemangat menghadapi UTS semester ini. Dan UTS mata kuliah Psikologi Belajar menjadi awal yang baik bagi saya. Hahahaha J Keep Spirit chingudeul ~ *kolaborasibahasa*




Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar